Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menjadi tuan rumah upacara perayaan bersejarah ini. IKN Nusantara yang terletak di Kalimantan Timur, menjadi pusat perhatian nasional saat menjadi tempat penyelenggaraan upacara kenegaraan tersebut untuk pertama kalinya. Lalu, muncul pertanyaan, di mana para peserta upacara yang terdiri dari tamu undangan, pejabat negara, hingga pasukan pengibar bendera menginap selama di IKN.

Di Mana Para Peserta Upacara HUT RI IKN Menginap

Salah satu pilihan utama bagi para peserta adalah fasilitas yang telah disediakan oleh pemerintah di sekitar kawasan IKN. Mengingat IKN Nusantara masih dalam tahap pembangunan, akomodasi sementara menjadi solusi yang diterapkan. Pemerintah telah mendirikan beberapa fasilitas hunian sementara yang dirancang untuk menampung para peserta acara-acara besar, termasuk perayaan HUT RI.

Fasilitas hunian ini meliputi barak-barak modern yang dilengkapi dengan fasilitas dasar seperti tempat tidur, kamar mandi, dan area makan. Meski sederhana, fasilitas ini dipastikan nyaman dan memadai untuk menunjang kebutuhan para peserta selama di IKN. Selain itu, pemerintah juga mengoperasikan beberapa penginapan yang ada di kota-kota sekitar, seperti Balikpapan dan Samarinda, sebagai alternatif tempat menginap.

Hotel-hotel ini menawarkan kenyamanan yang lebih dengan berbagai fasilitas tambahan seperti kolam renang, gym, dan restoran. Meskipun jarak antara hotel dan lokasi upacara cukup jauh, transportasi yang disediakan pemerintah membuat akses menjadi mudah.

Pemerintah juga telah mempersiapkan transportasi yang efisien untuk memastikan bahwa semua peserta dapat tiba di lokasi upacara tepat waktu. Bus-bus shuttle disediakan untuk mengantar para peserta dari tempat menginap mereka ke lokasi upacara dan sebaliknya.